Monday, May 23, 2011

Bahasa Indonesia mungkin bisa menjadi bahasa Internasional

Sahabat itu kalau mengkritik perkataannya lebih menusuk dari perkataan ibu tiri tapi kalau duduk bersama bisa lebih akrab daripada saudara kandung


Jika kita coba tengok sejenak tentang perjalanan panjang mengapa bahasa di daratan Eropa itu menjadi bahasa internasional sekarang mungkin salah satu alasannya adalah pengaruh kolonialisme. Orang barat membentuk kolonial atau kelompok-kelompok yang membaur pada pribumi sehingga bahasa yang mereka akan ikut juga berbaur dengan bahasa pribumi. Umumnya bahasa mereka justru menjadi resmi karena kalah kuat dengan bahasa pribumi.

Sederhana, mungkin ada benarnya ada cara "sederhana" jika kita ingin menjadikan bahasa Indonesia kita sebagai bahasa Internasional.

Kita tidak perlu membentuk kolonial seperti orang eropa pada beberapa abad yang lalu. Tapi cukup memiliki kebanggaan pada bahasa kita. Biarkan orang asing datang belajar pada bahasa kita. Saya memimpikan ketika orang asing datang berlibur mereka akan diberi pembekalan pengantar bahasa indonesia, mereka diwajibkan menggunakan bahasa Indonesia selama berada di wilayah Nusantara ini.

Gunakanlah bahasa Indonesia disetiap kolom komentar disetiap forum, artikel, berita yang tersebar di dunia maya.

Poin langkah-langkah menjadikan bahasa indonesia menjadi bahasa internasional antara lain:

1. Meningkatkan Jumlah Penutur

Meningkatkan jumlah penutur atau pengguna bahasa Indonesia itu bisa dengan cara meningkatkan jumlah penduduk. Seperti China yang ikut menjadikan bahasa mandarin sebagai bahasa internasional dengan jumlah penduduk yang milyaran. Namun ini saya tidak saya sarankan karena jumlah penutur itu tidak berarti sama dengan jumlah penduduk suatu negara. Ketika orang tertarik kepada budaya indonesia maka ia akan belajar tentang bahasanya jadi tidak mesti kita membuat ledakan jumlah penduduk yang akhirnya bisa menjadi "bom" masalah sosial kelak di kemudian hari.

2. Pergunakan Istilah dan Bahasa Indonesia

Ketika mengikuti forum internasional gunakanlah footnote atau catatan kaki setiap post yang Anda buat dengan mengunakan bahasa Indonesia.

Misalnya saya memposting komentar di forum

:... Isi Komentar....:
(Menggunakan catatan kaki dengan memakai bahasa Indonesia)
Kehidupan sekarang benar-benar membosankan saya. Saya merasa seperti monyet tua yang dikurung di kebun binatang dan tidak punya kerja lagi. Saya ingin merasakan kehidupan kasar dan keras … diusap oleh angin dingin seperti pisau, atau berjalan memotong hutan dan mandi di sungai kecil … orang-orang seperti kita ini tidak pantas mati di tempat tidur.
- Soe Hok Gie

3. Menyediakan Artikel yang Mengajari Orang Asing Berbahasa Indonesia

Saya pernah lihat orang jepang membuat modul yang tersedia secara online untuk orang jepang yang mau belajar bahasa Indonesia begitu pula ada juga yang membuat pembelajaran bahasa Indonesia untuk penutur bahasa Inggris.

4. Menyediakan Informasi Unik Berbahasa Indonesia

Saya terkejut ketika mencari kata di google ketika muncul di hasil penelusuran halaman pertama adalah halaman yang berbahasa spanyol (sekedar informasi tambahan bahwa bahasa spanyol itu memiliki jumlah penutur asli sekitar 320 juta jadi jika dibandingkan dengan Indonesia yang berjumlah 250 sekitar 10 banding 8). Tidak mustahil jika orang asing yang mencari sesuatu itu menemukan informasi yang berbahasa indonesia. Ketika seseorang yang menemukan hal itu ada 2 hal yang terjadi, yang paling kurang ia akan tertarik dan mengetahui bahkan mengakui bahwa Indonesia itu ada dan mempunyai bahasa yang khas yaitu bahasa indonesia (berbeda dengan bahasa melayu) dan yang kedua adalah ada kemauan, ada tujuan ia mempelajari bahasa dan budaya indonesia ini karena untuk mengetahui suatu informasi dalam bahasa asing kita lebih mudah memahaminya jika kita mempelajari bagaimana budaya negara tersebut, bagaimana karakter dan sifat orang dari negara tersebut, bagaimana kebiasaan orang itu mempengaruhi kebiasaan atau kata-kata dalam dia berbicara.

5. Mempromosikan Budaya Indonesia

Hampir sama dengan poin ke-empat, budaya itu memegang peranan penting untuk memotivasi seseorang mempelajari bahasa baru, seperti misalnya budaya ditempat kerja di luar negeri misalnya.. hehehe

No comments:

Post a Comment