Saturday, October 8, 2011

Teori 10.000 jam dan 10 Tahun Jalan menjadi seorang Master

Jalan menjadi seorang ahli atau pakar dalam bidang tertentu ada bermacam cara. Lalu berapa lama atau seberapa dalam ukuran yang menjadikan kita seorang yang ahli?

Malcolm Gladwell, "Outliers: The Story of Success" (Little, Brown & Co., 2008) sedikit menjelaskan tentang ukuran yang dikenakan untuk menjadi seorang ahli. Disana ia mengatakan bahwa seseorang harus menghabiskan 10 tahun atau dengan 10.000 jam latihan yang mendalam.

http://norvig.com, Peter Norvig pernah berkata dalam esainya "Teach Yourself Programming in 10 Years", Kita setidaknya harus menghabiskan waktu selama 10 tahun dalam dunia pemrogramman. Di masa itu banyak beredar buku dari Sams yang kebanyakan berjudul Menguasai ini itu dalam waktu 21 Hari. Peter Norvig menyindir dalam esainya, kita hanya akan dibuai oleh pemahaman yang dangkal ketika kita dikatakan "menguasai" pemrograman dalam waktu singkat. Ketika kita pikir apakah hanya dengan waktu 21 hari dapat mencoba segala hal yang tidak pernah coba sebelumnya yang dapat membawa kita pada pemahaman yang dalam. Di esai nya beliau mengambil contoh, Seorang Mozart saja yang terkenal seorang jenius dalam dunia musik perlu berlatih dan menunggu 13 tahun sebelum membuat musik klasik yang mendunia padahal Mozart sudah bisa bermain alat musik semenjak umur 4 tahun .

Hampir lupa, Peter Norvig adalah direktur dari badan riset perusahaan Google sampai sekarang dan juga penulis pendamping dari buku "Artificial Intellegence : A Modern Approach"


Menjadi ahli tidak ada jalan pintas selain berlatih, berlatih, dan berlatih.

No comments:

Post a Comment