Saturday, June 26, 2010

Mrs. Hudson

     Dalam serial Sherlock Holmes mungkin ada beberapa kali Mrs. Hudson muncul dalam cerita. Mrs. Hudson adalah pemilik dari flat yang disewa oleh Sherlock Holmes bersama Dr. Watson yang beralamat 221B Baker Street. Tidak banyak dijelaskan oleh penulis aslinya , Sir Arthur Conan Doyle. Mrs. Hudson selalu menginginkan rumah nya dalam keadaan bersih dan rapi, sering sekali bertengkar dengan Sherlock Holmes karena masalah Ini. Dr. Watson sedikit menggambarkannya bahwa ia koki yang handal dan Sherlock Holmes lebih suka menggambarkannya sebagai wanita kebangsaan Skotlandia. Dilain Pihak menyebutkan cara berjalan seperti seorang ratu, tidak pernah digambarkan secara fisik juga nama depan tidak disebutkan dalam. Sering ia digambarkan sebagai seorang wanita tua meskipun pernah walaupun jarang ia ditampilkan sebagai wanita muda, seperti dalam film Meitantei Holmes, dimana ia diberi nama depan "Marie" dan digunakan untuk menggambarkan mempunyai rasa cinta yang disimpan untuk Holmes.

     Watson sempat menggambarkan hubungan Holmes dan Hudson pada pembukaan cerita pendek "Petualangan Detektif Sekarat"

    Mrs. Hudson, pemilik rumah yang disewa Sherlock Holmes adalah wanita uang luar biasa sabar. Bayangkan bukan hanya lantai atas rumahnya sering dikunjungi orang-orang aneh, tapi sang penyewa pun orang eksentrik yang pasti membuatnya jengkel. Gaya hidupnya ang tak teratur, kesukaannya menyetel musik pada jam-jam istirahan, kebiasaannya latihan menembak dengan menjadikan pintu sebagai objek bidikan, ekperimen ilmiah yang aneh-aneh dan kadang-kadang menimbulkan bau yang tak enak, jelas tak menjadikan Holmes penyewa teladan. Lebih-lebih hidupnya selalu dikelilingi kejahatan dan mara bahaya yang sedikit banyak mempengaruhi induk semangnya. Tapi dilain pihak, Holmes mengompensasi semua itu dengan uang sewa yang tinggi. Aku yakin uang sewanya selama bertahun-tahun dia tinggal disitu bersamaku sebenarnya sudah cukup untuk membeli rumah itu.
    Nyonya rumah sangat menghormati dia, dan tak pernah berani mencampuri urusannya, walaupun tingkah lakunya sering mengganggu orang lain. Lagi pula wanita itu menyukai Holmes karena sikapnya sangat lembut dan sopan terhadap wanita. Dia tidak suka dan tidak percaya pada wanita, tapi sikapnya terhadap mereka tetap saja sopan..."
dikutip dari Salam terakhir: Sherlock Holmes hal.184-185

Mrs. Hudson kadang membantu kasus Holmes dalam cerita pendek pertama setelah kematian Holmes yang dibuat menangkap tangan kanan prof. Moriarty yang Mahir menembak dengan menggerakkan boneka yang mirip holmes setiap 10 menit.

sumber: en.wikipedia.org dan Salam Terakhir: Gramedia

No comments:

Post a Comment