Monday, September 2, 2013

Noblesse Oblige

Menurut Kamus Akademik Perancis

1.Whoever claims to be noble must conduct himself nobly.
2.(Figuratively) One must act in a fashion that conforms to one's position, and with the reputation that one has earned.

1. Siapapun yang mengaku sebagai bangsawan harus berlaku seperti bangsawan/melakukan tindakan mulia.
2. (Kiasan) Seorang harus bertindak sesuai aturan yang menunjukkan jabatan orang tersebut dan sesuai dengan reputasi yang ia terima.

Pertama kali mendengar istilah ini dari Juiz, program komputer dari Anime yang berjudul Eden of the East dan kedua kali ada di Kamen Rider Kabuto, istilah yang sering diucapkan Kamishiro Tsurugi, Kamen Rider Sasword.

Istilah Noblesse Oblige bisa diterjemahkan "Kaum Bangsawan Melayani" digunakan untuk menunjukkan bahwa seorang bangsawan harus bertingkah laku seperti bangsawan, mereka diharuskan berbuat lebih kepada rakyatnya secara moral. Menjadi seorang Bangsawan harus mampu menolong, mengatur, dan memimpin tidak menghambur-hamburkan waktu dalam bermalas-malasan. Noblesee Oblige juga berarti seorang yang berkedudukan tinggi harus menjadi seperti apa yang orang ia pimpin harapkan. Jika ia adalah seorang pemimpin dia harus memimpin bukan bertingkah seperti orang yang tidak punya kekuasaan, dia memegang kekuasan yang diamanatkan dan memanfaatkan sebesar-besarnya bagi orang yang ia pimpin. 

No comments:

Post a Comment