Sunday, June 30, 2013

Cara Menilai anime Berharga untuk Ditonton.

1. Cari situs yang menawarkan review atau ulasan tentang anime seperti myanimelist; sayangnya situs ini berbahasa inggris.

2. Jika anime itu sudah tamat tonton episode 1-4 pada jam 10 malam kalau memang menarik Anda akan menonton episode ke-5 dan seterusnya, disarankan pada akhir minggu.

3. Jumlah Episode, jumlah episode normalnya sebuah anime 12 atau 1 season/musim. Semakin banyak episode dan musim tayang sebuah anime menunjukkan semakin menarik atau memiliki rating bagi penonton di Jepang. Kalau cara ini pastikan sesuai dengan selera anime yang Anda punya misalnya Anda suka dengan Anime bertema supranatural tapi memilih Ouran High School Host Club yang bertema komedi drama romantis.

4. Berasal dari manga populer, kalau dengan cara ini kadang membuat kecewa karena kadang manga lebih menarik dari anime itu sendiri karena ada bagian yang dipotong sehingga mengurangi hubungan rangkaian cerita. seperti Hayate season 3 dan 4 yang memiliki alur sendiri dan potongan cerita yang diambil dari manga sehingga tokoh yang tahu-tahu muncul tanpa penjelasan walaupun di manga ada tapi kalau menyaksikan animenya serasa kurang pas.

5. Konsep cerita yang jelas, kadang mungkin kita menemukan anime yang memiliki konsep yang tidak jelas seperti misalnya cerita mengenai penyihir yang tidak dijelaskan bagaimana dan apa yang diperlukan membuat suatu sihir lalu tiba ketika tokoh utama terdesak dan babak belur tahu-tahu si tokoh utama menjadi tidak terkalahkan karena marah besar melihat temannya ikut-ikutan dihajar. Kadang sempat berpikir ini bercerita tentang dunia sihir atau bangsa Saiya dari dragon ball.

No comments:

Post a Comment