Sunday, June 30, 2013

Antihero

Antihero adalah tokoh protagonis yang tidak mencerminkan sifat kepahlawan atau malah bertolakbelakang yang ada pada tokoh utama cerita  yang umumnya memiliki moral yang baik, berani, terhormat, dan sebagainya. Tokoh antihero ini sering sulit dibedakan antara tokoh baik dan tokoh jahat, terkesan tidak jelas.

Persamaan Antihero dan Hero adalah keduanya memiliki pendirian yang kuat tidak mudah goyah. Pada tokoh antihero biasanya dia digambarkan memiliki pandangan, aturan main, egosentris, arogan/sombong, dan cara bertindak sendiri dari tokoh hero yang sering bersebrangan sehingga dianggap sebagai tokoh jahat. Tokoh ini sering bertindak seenaknya dan keras kepala.

Contoh tokoh antihero yang populer adalah Vegeta dari manga dan anime Dragon Ball, dia memiliki kebanggaan pada darah nya yaitu ras Saiya. Salah satu kejadian dalam cerita dragon ball yaitu waktu menantang Frezza yang belum mendapatkan bentuk sempurnanya malah memberi kesempatan kepada Freeza agar bertarung dengan kekuatan sempurnanya padahal Vegeta tahu dunia akan hancur ketika Freeza mendapatkan bentuk terakhirnya. Vegeta tidak memilih menyelamatkan bumi dan memilih bertarung dengan freeza yang memiliki kekuatan penuh.

No comments:

Post a Comment