Saturday, July 9, 2011

Perbedaan Antara Penderita Sindrom Asperger dan Sociopath/Psikopat

Sociopath atau yang lebih dikenal dengan istilah psikopat secara garis besar menunjukkan gejala yang sama dengan penderita sindrom asperger. Namun ada perbedaan yang dapat dilihat dengan jelas jika kita melihat lebih dekat.

Penderita Asperger dapat mencintai menyayangi sesuatu dan ini tidak jarang untuk sebagian mereka dan begitu sebaliknya kepada seorang psikopat. Penderita asperger menderita kecemasan berlebihan atau paranoid karena memiliki tingkat kepekaan yang diatas normal sangat berbeda dengan seorang psikopat yang lebih tidak merasakan apa-apa atau sangat antipati terhadap segala hal serta lebih erat dengan istilah "dingin".
Asperger bisa dibilang sulit atau tidak memiliki kemampuan untuk membaca bahasa tubuh yang menunjukkan perasaan orang lain sedangkan psikopat dapat melakukannya tapi lebih pada sikap yang acuh atau tidak memperdulikan sehingga sering kali melanggar Aturan. Perbedaan juga dapat dilihat dari tingkah laku keduanya, Asperger sering kali melakukan tindakan yang berulang-ulang sedangkan psikopat melakukan tindakan yang tidak terduga atau berdasarkan spontanitas.

Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment