Monday, July 4, 2011

Alter Ego - Aku yang kedua

alter Ego adalah bahasa Latin yang bermakna "Saya yang Lain" atau kepribadian kedua seseorang yang sering kali terlupa dalam aktifitas seseorang. Istilah alterego pertama kali dikemukakan pada awal abad kesembilan belas untuk menyatakan gangguan identitas seseorang oleh para psikolog pada masa itu.
Alter Ego memiliki makna berbeda dalam bidang sastra, ia lebih menggambarkan alterego seperti karakter yang berbeda dalam psikologis yang sama, atau karakter fiksi yang segala tindakan, ucapan atau pikirannya mewakili dari seorang penulis.
Alter ego juga bisa dianggap suatu peran atau kepribadian yang diambil dari seorang aktor atau pelaku seni peran lainnya.
Alter ego juga muncul dalam cerita klasik yang terkenal hingga sekarang Dr. Jekyll dan Mr.Hyde. Seorang dokter yang terhormat memiliki kepribadian lain seorang Edwar Hyde yang merupakan pria yang berkelakuan borok dan terkenal sebagai psikopat. Istilah ini juga terdapat dalam cerita super hero, Superman dengan Alter ego-nya, Clark Kent seperti halnya Peter Parker dengan Alter-egonya, Spiderman.

No comments:

Post a Comment