Thursday, July 22, 2010

Adegan Pokemon yg Berbahaya

Denno Senshi Porygon pada tanggal 16 Desember 1997 pada pukul 18.30 ditayangkan di Jepang. Episode pokemon ini disiarkan lebih dari 37  stasiun TV pada selasa malam, memegang rating tertinggi untuk penonton yang mencapai 4,6 juta kk.
Pada menit 20 episode ini dimana ada adegan Pikachu yang menghentikan beberapa rudal dengan serangan ThunderBolt-nya mengakibatkan ledakan besar berkedip dengan warna merah biru. Teknik anime ini disebut dengan "PAKA PAKA: membuat adegan ini berkedip dengan frekuensi sekitar 12 Hz untuk kira-kira hampir 4 detik menutupi layar.
Pada saat itu, banyak orang yang mengeluhkan penglihatan kabur, sakit kepala, pusing dan mual. Beberapa orang bahkan mengalami kejang, kebutaan, sampai kehilangan kesadaran. Pihak Jepang melaporkan ada total 685 anak-anak yang menonton, 210 anak laki-laki dan 375 anak perempuan dibawa kerumah sakit. Meski banyak korban yang telah dinyatakan sembuh pada perjalanan ke rumah sakit yang ebrjumlah lebih dari 150 orang. Dua orang tetap menjalani perawatan selama lebih dari dua minggu.
Penelitian menunjukkan 5-10% penonton mengalami gejala ringan yang tidak butuh perawatan. Para ilmuwan yakin bahwa lampu kilat memcu serangan fotosensitif yang menyebabkan kehilangan kesadaran sampai mengalami kejang-kejang.
Klik disini untuk melihat video penyebab kejang anak-anak di Jepang.

No comments:

Post a Comment