Tuesday, July 27, 2010

6 cara mudah untuk menjadi kreatif

Sebenarnya pendidikan yang kita tempuh dahulu menjauhkan kita dari cara berpikir kreatif, misalnya seperti harus mengikuti instruksi dengan tepat. Ya, pendidikan seperti itu ditujukan untuk menghasilkan orang yang dapat mengikuti sesuai instruksi seperti manusia robot yang terprogram mengerjakan suatu hal.
Anak-anak justru memiliki tingkat kreatifitas yang tinggi dibandingkan kita yang berumur dewasa, karena pola pikiran mereka selalu keluar dari kotak dan kita berpikir tidak boleh keluar dari kotak yang telah ada.


1. Selalu bawa buku catatan dan pulpen.


Seorang yang kreatif tidak terlepas dari ide-ide yang mengejutkan dan ide tersebut tidak datang saat-saat yang tepat. Ada kalanya ketika kita sedang bersantai tiba-tiba mendapat ide yang brilian. Tulislah dalam
sebuah buku catatan, seorang ilmuwan dan juga seniman yang terkenal kejeniusannya, Leonardo da Vinci mempunyai banyak sekali buku catatan dan berisikan gambar atau sketsa dari idenya mulai dari jembatan, pesawat sampai alat perang.


2.Selalu bertanya


Anak-anak yang cerdas pada umumnya adalah anak yang sering sekali bertanya. Dan ingatlah pikiran yang hebat berasal dari pertanyaan yang hebat pula.



3. Biasakanlah untuk membaca


Untuk membuka wawasan perlulah jika sering membaca, mulai dari koran sampai buku-buku yang tebal. Biasakanlah membaca cepat, membaca paragraf ke paragraf bukan lagi kata per kata, untuk mengefisienkan waktu karena tidak mungkin kita menghabiskan waktu berjam-jam dengan topik yg sama sedangkan masih banyak berita lain di luar sana menunggu untuk dibaca.


4. Cari Pengalaman Baru

Isilah waktu dengan mencari pengalaman baru dari hal yang tidak biasa kita kerjakan misalnya dijadikan sebuah hobi.


5. Gunakanlah otak kiri dan kanan secara seimbang.

Albert Einstein yang terkenal jenius hanya menggunakan potensi otaknya sebesar kurang dari 10 persen saja. Menurutku Leonardo da Vinci bisa menggunakan setengah dari otaknya atau 50 persen, karena ia terkenal sebagai ilmuwan dia juga terkenal sebagai seniman dan seorang musisi,  karya nya pun tidak kalah hebat.



6. Dan yang terakhir, Biasakanlah berpikir.

Ada yang bilang kalau otak itu seperti pisau, semakin diasah semakin tajam, untuk menjadi kreatif diperlukan kebiasan berpikir, tanpa berpikir sama saja bohong...
hehe...

No comments:

Post a Comment