Tuesday, February 11, 2014

Perbedaan antara "Aida" dan "Aida ni" dalam bahasa Jepang

Perbedaan antara "Aida" (間) dan "Aida ni" (間に)

Aida
Digunakan untuk menyatakan antara waktu di antara dua kegiatan yang dilakukan dalam satu waktu yang sama.

Sedangkan,
Aida ni
Digunakan untuk menyatakan antara waktu diantara dua kegiatan yang dilakukan tidak dalam satu waktu.

watashi ga nemuru aida erena chan wa asobi imashita
(私 が 眠る エレナ ちゃん は 遊び いました)
Ketika saya tidur, erena bermain

watashi ga nemuru aida ni erena chan wa asobi imashita
(私 が 眠る 間に エレナ ちゃん は 遊び いました)
Ketika saya sementara tidur, erena bermain

Dua kalimat diatas hampir mirip tapi memiliki makna yang jauh berbeda
Di kalimat pertama (Aida),
Ketika saya tidur dan erena bermain itu dimulai diwaktu yang sama.
Ketika saya tidur bersamaan itu pula erena mulai bermain.

Di kalimat kedua (Aida ni)
Ketika saya sementara tidur, erena bermain
Saya tidur tapi erena-chan belum bermain, selang beberapa waktu barulah Erena-chan mulai bermain ketika saya sudah terlelap.


Contoh lain:

Watashi ga deru aida Erena-chan wa uchi ni kimashita
(私 が 出る 間 エレナちゃん は うち に 来ました)
Ketika saya keluar, erena datang ke rumah

Watashi ga deru aida ni Erena-chan wa uchi ni kimashita
(私 が 出る 間に エレナちゃん は うち に 来ました)
Ketika saya sementara keluar, erena datang ke rumah

Kalimat pertama (aida), saya kemungkinan besar bertemu dengan Erena-chan di pintu atau di depan rumah karena masih dalam satu waktu, sedangkan dalam kalimat kedua (aida ni), saya tidak mungkin bertemu dengan Erena-chan karena saya sudah lama keluar dan tidak ada orang lagi di rumah.

Contoh lain :

Ketika orang di rumah pergi pencuri itu masuk. (aida)

Ketika orang di rumah sementara pergi pencuri itu masuk. (aida ni)

No comments:

Post a Comment