Tuesday, August 27, 2013

Kamen Rider Decade

Kalau menonton film seri Kamen Rider Decade ada banyak hal yang masih samar-samar yang ada di dalamnya. Tsukasa Kadoya sebagai kamen rider decade disini tidak mengenal atau tahu apapun tentang masa lalunya. Tsukasa sangat terobsesi dengan "menangkap dunia" dengan kameranya tapi sayang ia selalu heran dengan hasil jepretannya yang selalu gagal dan menganggap ini adalah pertanda bahwa dia sebenarnya bukan berasal dari dunia ini. Hal yang menarik dari Decade adalah ia bertugas bertualang ke-sembilan dunia dan mencegah dunia itu hancur karena kesembilan dunia itu menjadi satu.

Slogan dari Kamen Rider Decade sendiri adalah 全てを破壊し、全てを繋げ Subete o hakaishi, subete o tsunage // Menghancurkan segalanya, menghubungan semuanya.

Dunia para Rider di era Heisei dan Showa sangat berbeda, berbeda disini adalah dunia antara Rider yang satu dengan yang lain terpisah dan tidak terhubung.
Misalnya di Era Showa dalam setelah seri Kamen Rider (Serial Kamen Rider pertama) dilanjutkan dengan seri baru Kamen Rider V3. Di seri V3 ini terdapat episode dengan bintang tamu spesial yaitu Kamen Rider Ichigo dan Nigo dari Kamen Rider (Origin). Begitu juga dengan seri selanjutnya yaitu seri Kamen Rider X terdapat cerita yang mendapatkan bintang tamu dari Rider selanjutnya yaitu Kamen Rider Nigo dan V3.
Jika dibandingkan dengan Era Heisei dari Kuuga sampai Kiva tidak memiliki bintang tamu dari rider selanjutnya sehingga bisa disimpulkan bahwa Dunia ke-Sembilan Rider ini adalah dunia yang berbeda.

Dunia yang berbeda ini yang "dihancurkan" oleh Decade. Decade menghancurkan format dari Era Heisei atau dari Era Kuuga sampai Kiva dan menyisipkan Rider dari seri yang akan dibuat selanjutnya.
Format ini dipakai ketika dalam Film All kamen Rider yang pertama kali menampilkan Kamen Rider DOUBLE atau W. Sekarang penampilan Rider yang dirilis selanjutnya ada pada film atau Movie dari Rider yang sedang tayang. Jika yang sekarang tayang adalah Wizard maka Rider dari selanjutnya akan tampil pertama kali pada Movie dari Wizard.
Adegan yang saya suka adalah perkenalan pertama bukan penampilan ada di episode terakhir atau epilog dari episode akhir seri dari Rider. Seperti di Episode terakhir Kamen Rider OOO sengaja ditampilkan siswa SMA yang memegang ASTROSWITCH yang menjadi ciri khas dari Kamen Rider Fourze dan ketika epilog terakhir Fourze ketika Shun sedang melamar Miu dengan sebuah cincin, si Miu lebih tertarik dengan cincin yang lebih besar yang dipakai oleh pria yang kebetulan lewat, nah pria itu adalah Haruto Soma, Kamen Rider Wizard dan Cincinnya, Wizard Ring (Flame Ring).

bersambung...

No comments:

Post a Comment