Tuesday, July 16, 2013

Nakama Yuujin Tomodachi Shin'yuu Mikata, Pengertian dan penggunaan

Nakama (仲間), seringkali kata nakama terdengar dalam anime One piece untuk menyebutkan teman dalam satu kelompok bajak laut. Ada beberapa cara menyebutkan teman atau orang dalam pergaulan dalam bahasa jepang seperti tomodachi, yuujin dan sebagainya.

Nakama  (仲間), ditulis dengan huruf "hubungan" dan "antar" digunakan untuk menyebutkan orang yang berhubungan dibawah "bendera" yang sama misalnya teman sekantor atau rekan kerja, teman seperjuangan, atau ketika berperang dalam satu pasukan maka disebut dengan nakama.
Hubungan nakama itu tidak mesti dekat atau sampai disebut sahabat contohnya nakama dalam hubungan Zoro dan Sanji (One Piece) mereka berdua tidak akur tapi mereka berdua berada dalam satu lingkup yaitu kelompok bajak laut topi jerami.

Yuujin (友人), ditulis dengan huruf "teman" dan "orang/seorang" bisa diartikan sebagai teman. Yuujin misalnya dipakai untuk orang yang kita sering ajak main. Penggunaan yuujin untuk menunjuk satu orang.

Tomodachi (友達; ともだち), sama seperti Yuujin tapi ini ditulis dengan kata "teman" dan "orang plural/kami/kita" digunakan seperti Yuujin tapi untuk menunjuk teman dalam bentuk plural atau lebih dari satu. Tomodachi bisa digunakan untuk menunjuk teman yang satu orang atau lebih (bisa digunakan singular atau plural).

Shin-yuu (親友), ditulis dengan huruf "orang tua" dan "teman" diartikan sebagai teman dekat. Penggunaan Shinyuu adalah untuk teman yang sangat dekat pada kita misalnya kepada teman yang kita sering membicarakan masalah yang pribadi kepadanya yang tidak kita katakan pada teman biasa atau tomodachi.

Nakayoshi (仲良し), ditulis dengan huruf "hubungan" dan "baik" bisa diartikan teman baik atau akrab hampir identik dengan istilah yuujin dan shinyuu.

Mikata (味方), ditulis dengan kata "rasa" dan "pihak" bisa diartikan sekutu, teman atau kawan yang memiliki pendirian atau sikap yang sama. Penggunaannya bisa seperti misalnya Indonesia dan Malaysia berperang lalu Inggris membantu Malaysia maka itu yang disebut dengan Mikata.


Maaf kalau ada kesalahan...
ditunggu komentarnya.

4 comments:

  1. Sangat membantu ?...,


    Thx for Information

    ReplyDelete
  2. Bagaimana dengan aibou ?
    Mungkin bisa dijelaskan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aibou itu lebih ke "rekan atau partner" sering denger dari Pharaoh manggil Yugi yang asli dengan sebutan itu.

      Delete