Thursday, May 3, 2012

3 Mei 2012


ada beberapa hal yang harus saya lakukan.

pertama, jumlah informasi berbahasa indonesia sangat minim karena itu dibutuhkan tim informasi dan penerjemah untuk mengumpulkan, mengolah, dan mendistribusikan informasi sehingga bisa diterima dan diterapkan.

Dilihat dari banyak informasi di seluruh dunia maka informasi yang berbahasa indonesia dalam WEB kurang dari 1% jadi untuk menyeimbangkannya diperlukan usaha yang keras.

Perlu kita mencontoh negara tetangga maju yang sama sama berasal dari asia yaitu Jepang. Negara jepang memang tidak memiliki pelajar yang lebih banyak dari kita dalam menguasai bahasa asing tapi keunggulan mereka adalah jalur penerjemahan buku mereka sangat cepat dan padat.

sebenarnya ada 2 cara dilihat dari bahasa untuk memajukan suatu bangsa.
1. Menerjemahkan kedalam bahasa kita.
2. Mewajibkan usia wajib belajar memahami bahasa asing.


langkah pertama, lebih efisien karena ketika 1 orang menerjemahkan maka data atau informasi bisa diambil oleh siapa saja asal orang menguasai bahasa ibu atau bahasa asli seperti bahasa indonesia.
langkah kedua, jika ditemukan metode yang singkat untuk penguasaan bahasa asing maka setiap orang dapat mengakses informasi yang ada dalam bahasa yang mereka kuasai.

Saya cenderung memilih cara pertama seperti cara jepang, karena tujuan dari hidup kita adalah berbagi dan cara kedua menurut saya pribadi lebih mementingkan individu.

Projek Perpustakaan Semesta ada 4 tingkatan Informasi

1. Informasi yang Penting dan Mendesak
2. Informasi yang Penting tapi Tidak Mendesak.
3. Informasi yang tidak terlalu penting tapi Mendesak
4. Informasi yang tidak terlalu penting dan tidak mendesak.

Kategori pertama, penting dan mendesak meliputi informasi yang dipakai secara langsung dan harus diperbaharui dalam jangka waktu yang pendek seperti berita, informasi kesehatan, teknologi tepat guna, buku yang bersifat revisi atau perbaikan dari edisi yang lama dan sebagainya.

Kategori kedua, penting tapi tak mendesak hampir sama dengan kategori pertama semua informasi yang digunakan langsung tapi perbaharuan informasi berlangsung dalam jangka waktu menengah atau panjang. Kategori ini lebih berfungsi untuk penunjang kategori pertama, jika yang pertama berisi inti maka yang kedua berisi penjabaran; kategori ini juga menambah ruang lingkup atau menambah varian dari informasi yang pertama.

Kategori ketiga, bersifat informasi yang bersifat detail dari kategori kedua, informasi seperti penelitian, dan hiburan yang proses perbaharuan informasinya memiliki jangka waktu yang pendek.

Kategori keempat, informasi yang bersifat hiburan.


No comments:

Post a Comment