Saturday, November 12, 2011

Sistem yang Sempurna

Kemarin masih sempat saya bermimpi tentang sistem sempurna, sistem yang merawat sistem itu sendiri dan membangun sistem itu sendiri. Berbicara tentang sistem, sistem adalah jalinan antara komponen yang saling bersinergi sehingga terjadi sebuah aliran yang berguna untuk mencapai suatu tujuan. Itu adalah pengertian menurut pandangan saya.
Sistem yang  saya mimpikan terdiri dari 3 sistem raksasa, layaknya trimurti dalam kepercayaan Hindu.

Tiga sistem tadi adalah sistem pencipta, pemelihara, dan penghancur.

Pertama, sistem pencipta adalah sistem yang bertugas menciptakan sistem dengan algoritma yang efisien dan efektif menggunakan jalan terpendek dan termudah untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan. Dia sebagai seorang engineer atau perancang dalam suatu kegiatan.

Kedua, sistem pemelihara adalah sistem yang bertugas untuk menjaga sistem agar tetap berjalan dengan laju yang diharapkan, menjaga semua parameter agar dalam kondisi wajar, menjaga lingkungan agar sesuai terhadap sistem yang dibuat. Sistem ini juga bertugas sebagai penguji, pengumpul data yang digunakan untuk membuat sistem yang lebih baik dalam sistem sebelumnya. Dia sebagai penghubung antara sistem pencipta dan penghancur.

Ketiga, sistem penghancur atau sistem pelebur (saya lebih suka menyebut sistem pelebur karena terdengar lebih halus) adalah sistem yang bertugas meleburkan atau menghancurkan sistem yang dianggap ketinggalan atau tidak sanggup lagi menghasilkan tujuan yang diharapkan karena perubahan lingkungan atau parameter dalam sebuah sistem. Penghancuran sebuah sistem itu bukan berarti menghancurkan semua komponen yang ada di dalamnya tetapi mengubah aliran tersebut menjadi lebih baik dari sebelumnya. Kita tidak mungkin menghancurkan satu kota termasuk penduduknya jika kota tersebut dinilai gagal namun kadang kala kita harus menghancurkan komponen yang dianggap ikut merusak komponen lain yang sehat seperti sel kanker yang diangkat agar tidak merusak sel sehat seorang pasien.

No comments:

Post a Comment