Monday, November 21, 2011

Mimpi

Menurut saya mimpi adalah kekuatan terbesar penggerak dalam kehidupan. Mimpi yang saya maksud sama halnya dengan angan-angan. Mimpi terkadang aneh, terkadang menguatkan, kadang juga menjerumuskan. Di buku tasawuf yang saya pernah baca secara samar menjelaskan peranan dari sebuah mimpi atau angan.

Alkisah, Seorang Nabi melihat pak tua yang tua renta sedang giat mencangkuli tanah ladangnya. Nabi pun agak heran mengapa orang setua itu giat sekali bekerja, kemudian sang Nabi pun berdoa kepada sang Tuhan, "Ya Tuhan, tolong cabut angan-angan dari pak tua itu". Doa sang Nabi pun dikabulkan, Pak Tua tadi tiba-tiba berhenti bekerja, meletakkan cangkulnya dan pergi ke bawah pohon yang rindang kemudian tidur. Nabi pun merenuung sejenak. Nabi kemudian berdoa kembali,"Ya Tuhan, tolong kembalikan angan-angan pak Tua tadi." . Pak Tua tadi kemudian bangun kemudian kembali bekerja.

Penggalan cerita diatas mengisyaratkan kita bahwa angan kita memberi suatu tujuan ibarat sebuah kendaraan dengan mesin dalam kondisi yang bagus dilengkapi dengan bahan bakar namun tak mempunyai tujuan atau tempat yang dituju. Mungkin kendaraan itu hanya diam terpaku di garasi hingga kendaraan tersebut rusak dan berkarat.

Isilah pikiran mu dengan mimpi niscaya kau akan maju

No comments:

Post a Comment