Saturday, April 6, 2013

Tiga Tipe Buah Iblis dalam One Piece

Secara umum Akuma no Mi atau buah Iblis dibagi dalam 3 kelompok.

  • Paramecia  (超人系 (パラミシア) Paramishia,
  • Zoan (動物系 (ゾオン) Zōn, dan
  • Logia (自然系 (ロギア) Rogia


PARAMECIA

Paramecia (Chojin-kei), secara harfiah berarti Kelompok Manusia Super, memungkinkan penggunanya memanipulasi elemen, mengubah diri sendiri menjadi elemen dari buah yang di makan. Pengguna paramecia tidak seperti logia bisa bertranformasi sepenuhnya menjadi elemen yang dimiliki contohnya Luffy dengan buah Gomu Gomu no Mi mendapatkan sifat karet tapi tidak mengubah tubuhnya menjadi sepenuhnya karet, dia masih memiliki bentuk tetap, memiliki batas, dia tetap memiliki darah dan sebagainya. Pada pengguna Logia, dia memiliki kekuatan elemen dan bisa berubah menjadi elemen tersebut, tidak terbatas dengan tubuh yang ia punya seperti Mr. 0 / Crocodille dapat mengubah dirinya sepenuhnya menjadi pasir atau Enel bisa berubah menjadi listrik dan tubuhnya sepenuhnya menjadi elemen dari  buah yang ia punya.

Keunggulan


  • Memiliki kekuatan super yaitu salah satu dari, mampu memanipulasi tubuh sendiri (Mongkey D. Luffy), mampu memanipulasi lingkungan sekitar (Bartholomew Kuma), atau mampu menghasilkan zat yang sesuai dengan buah iblis miliknya (Magellan dengan Buah racun, Ivankov dengan buah hormon).
  • Kekuatan dapat ditingkatkan dari kekreativitasan pengguna buah iblis, contoh Mr. 3 dan Nico Robin yang pertarungan fisik lemah tapi bisa mematikan dalam pertarungan menggunakan taktik dengan buah iblis. Juga ditunjukkan luffy ketika melawan Blueno (pemilik buah pintu; Doa doa no mi), dia memompa aliran darahnya hingga dapat pesat meningkatkan kecepatan serangannya, hal ini dapat dilakukan karena sifat tubuhnya adalah karet.
  • Kekuatan dapat lebih digali ketika terjadi suatu pemicu, misalnya Brook yang dapat mengeluarkan rohnya dari tulangnya.

Kelemahan

  • Jika pengguna buah paramesia ini tidak mahir menggunakan strategi maka semua pola serangannya akan terbaca dan dimanfaatkan oleh lawan, contoh ketika Luffy turun dari pulau langit, Luffy diperingatkan oleh Zoro jangan terlalu memanjangkan tangannya karena bisa terpotong. Ada pula kejadian waktu sanji menemukan kelemahan MR. 2 (Bon Clay) ketika ia tidak bisa menggunakan jurus okama kenpo ketika sedang menggunakan kekuatan Mane Mane no Mi.
  • Butuh waktu untuk melakukan tekniknya seperti luffy butuh waktu ketika memelarkan lengannya untuk melakukan pukulan dsb.
  • Mendapatkan lawan yang membuat teknik yang dipakai malah membahayakan diri sendiri, seperti Luffy melawan Mihawk si sichibukai, jika dia salah saja memanjangkan bagian tubuhnya dia akan terpotong, tapi adegan yang paling konyol ketika Buggy (bara-bara no mi) tidak bisa dilukai oleh Mihawk, seorang pendekar pedang nomor satu :D, tapi menurutku Buggy bisa mati jika ia terlambat memisahkan bagian tubuhnya waktu ditebas oleh Mihawk karena sebagai 7 kaisar bajak laut sudah tentu bisa menyerang langsung tubuh pengguna buah iblis.
  • Ada beberapa efek dari buah iblis ini yang terus ada walaupun penggunanya meninggal dan efeknya harus dicabut oleh kemauan penggunanya seperti Kage kage no mi punya Moria.
  • Ada beberapa orang menanggap pemilik buah ini orang yang berbahaya atau aneh seperti yang terjadi pada Nico Robin



ZOAN

Zoan (Dobutsu-kei), secara harfiah berarti kelompok Hewan, memungkinkan penggunanya bertranformasi ke bentuk binatang. Kelompok ini dapat langsung dikenali karena terlihat dari penampilan dan gaya bertarung, umumnya pertarungan jarak dekat. Setiap Buah Zoan memiliki tiga transformasi kecuali Tony Tony Chopper dapat melakukan 6 transformasi tanpa 'Rumble Ball'. Setiap pengguna Zoan memiliki kemampuan penyembuhan atau regenerasi yang luar biasa yang tetap aktif walaupun penggunanya sadar atau tidak sadarkan diri. Buah Zoan dengan bantuan dr. Vegapunk dapat digunakan pada benda mati, memungkinkan Benda 'memakan' buah Zoan seperti FunkFreed, pedang milik Spandam yang 'memakan' Zo Zo no Mi (Buah Gajah) di Robin Arc.

Zoan memiliki SUB KELAS yaitu

Zoan Karnivor (肉食の動物系 Nikushoku no Zōn-kei)
Zoan dari hewan buat seperti Rob Lucci dengan Neko Neko no Mi model Leopard, tipe zoan ini lebih haus darah dan yang paling tangguh dalam pertarungan karena tingkat adaptasinya yang tinggi ditambah lagi karakteristik zoan yang bisa berubah menjadi hewan atau bentuk hibrida/setengah hewan. Oh iya, Rob Lucci adalah satu-satunya yang dapat membuat Luffy sekarat dengan pukulan fisik, Luffy yang memakan buah Gomu Gomu no mi tidak mempan dengan serangan seperti tinju dan tendangan tapi bisa hampir mati di pertarungan dengan menggunakan fisik tanpa benda tajam.

Zoan Prasejarah (動物系」古代種 Zōn-kei Kodaishu) 
Contoh Zoan prasejarah adalah Drake yang dapat berubah menjadi dinosaurus

Zoan Legenda (動物系」幻獣種 Zōn-kei Genjūshu) 
Zoan legenda adalah yang terdapat dari cerita-cerita dongeng seperti Marco, ketua Divisi 1 Shirohige yang dapat berubah menjadi Phoenix

Zoan Buatan Manusia (人造悪魔の実 Jinzō Akuma no Mi)
Buah iblis yang berasal dari hasil buatan manusia, seperti eksperimen Caesar Clown yang dapat menciptakan pasukan buah iblis

Keunggulan


  • Memiliki daya penyembuhan yang luar biasa seperti yang ditunjukkan oleh hewan penjaga penjara di Impel Down.
  • Kuat dalam pertarungan tangan kosong karena zoan dapat menambahkan kekuatan serta bagian fisik binatang pada penggunanya seperti taring atau cakar.
  • Mendapatkan keinderaan binatang (misalnya dapat mencium bau musuh), dapat terbang (pada zoan tipe burung).
  • Dapat meningkatkan serangan dalam bentuk hibridnya, seperti kaku yang dapat membelah menara pengadilan marine dan Tony Tony Chopper dengan Brain Point yang dapat meningkatkan kecerdasannya.
  • Ada beberapa buah langka yaitu Zoan Legenda seperti pada Marco yang memiliki sifat Zoan dan sifat Logia yaitu regenerasi super yang dapat menyembuhkan lukanya.
  • Dapat di"makan" oleh benda mati seperti meriam, atau pedang

Kelemahan

  • Terbatas pada 3 bentuk perubahan tetapi Chopper dengan menggunakan Rumble Ball dapat meningkatkan bentuk perubahan menjadi 7 bentuk sehingga pola serangannya lebih sulit dibaca.
  • Mendapatkan bentuk aneh seperti Chopper yang memakan buah Hito-hito no Mi (Buah Manusia) tapi lebih mirip monster ketimbang manusia.
  • Pada kasus benda mati yang "diberi makan" buah Zoan, ia akan memiliki satu kelemahan sebagai makhluk hidup seperti Lassoo, senapan anjing (senapan dengan Inu-inu no mi atau buah anjing) yang tampak pilek ketika bertarung


LOGIA

Logia (Shizen-kei), secara harfiah berarti kelompok Alam, memungkinkan penggunanya memanipulasi alam seperti api, asap, pasir, gas, dan lain-lain. Pengguna Logia dapat mengubah tubuhnya sepenuhnya menjadi elemen alam yang dimiliki seperti Portgas Ace dapat mentransformasi tubuhnya menjadi Api sehingga peluru hanya melewati 'tubuh'nya. Buah Logia tidak meningkatkan kekuatan fisik penggunanya tidak seperti Buah Paramecia dan Zoan. Walaupun Pengguna Logia dapat mengendalikan elemen alam sesuka hatinya namun ia tidak dapat meregenerasi tubuhnya yang terluka seperti halnya Ace di Marine Ford. Cara pengguna buah Logia untuk menghadapi serangan adalah dengan cara mengubah tubuhnya sebelum terjadi kontak dengan serangan lawan seperti yang dilakukan oleh Enel dengan Gura Gura no Mi, ia melatih dirinya sehingga kapan saja ia bisa berubah menjadi petir walaupun diserang ketika sedang tertidur.

Keunggulan


  • Mampu menciptakan elemen yang dipunya seperti Portgas D. Ace yang dapat menghasilkan api dari ujung jarinya.
  • Mengendalikan alam seperti yang ditunjukkan Enel di pulau langit.
  • Berubah elemen alami buahnya sebagian atau seluruh tubuhnya jadi pemiliknya bisa terpotong ditembus oleh peluru namun tidak terluka dan bisa tersambung karena dapat ia dapat mengubahnya menjadi elemen sebelum terkena serangan.
  •  Kekuatan serangan fisik setara dengan kekuatan serangan elemen dari buah iblis, misalnya Ace dapat menghancurkan kapal dengan sekali "Tinju Api"nya walaupun Ace tidak menggunakan elemennya ia tetap mampu menghancurkan kapal dengan Tinjunya. Namun kelebihan Logia adalah elemen ketika bertemu kondisi idealnya ketika Ace ketika menghancurkan kapal dari kayu lebih mudah ketika tidak hujan karena sifat api yang mampu membakar habis kayu. Contoh lain adalah pengguna buah logia sekelas admiral memiliki level  (jabatan kedua tertinggi di angkatan laut) dapat mengubah iklim suatu pulau yang ditujukkan Aoikiji (Es) dan Akainu (Magma) dan Shirohige yang dapat membuat tsunami menyapu Marineford


Kelemahan

Kelemahan dari Pengguna Logia adalah antara lain:

  • Yang pertama, ketika mendapat elemen yang melemahkannya. Seperti Enel melawan Luffy, Karet yang tidak mempan terhadap listrik. Seperti Crocodile melawan Luffy dengan peralan drum airnya, air memadatkan dan membuat berat pasir sehingga sulit mengubah tubuhnya menjadi pasir yang ringan.
  • Yang kedua, tercebur ke laut. Tentu saja jika pengguna buah iblis dilempar ke dalam laut dia kehilangan kekuatannya berbeda dengan tipe paramesia yang masih dapat menyimpan karakteristik buah nya seperti yang ditunjukkan Luffy ada waktu melawan Arlong ia dilempar dan kakinya terjebak di dasar laut hanya kepalanya yang melar ke permukaan untuk diberikan napas buatan.
  • Yang ketiga, terbelenggu atau terkena langsung dengan peralatan yang terbuat dari batu laut
  • Borgol yang dibuat khusus dari batu laut membuat pengguna buah iblis tidak dapat menggunakan kekuatannya sama sekali, menjadi lemas seperti yang Luffy yang tidak sengaja menyentuh jeruji penjara dari batu laut.
  • Yang Keempat,serangan HAKI . Pengguna Haki dapat menyerang tubuh asli dari pengguna Logia seperti yang ditunjukkan Raylight ketika berhadapan seimbang dengan Kizaru pengguna Pika Pika no Mi yang dapat mengubah kizaru menjadi partikel cahaya.
  • Yang Kelima, kekuatan penggunanya sendiri. Buah Logia tidak sama dengan Zoan yang bisa mendapatkan kekuatan setara binatang buas atau Paramecia yang bisa mendapatkan kekuatan yang dimiliki orang biasa. Jadi artinya kemampuan penggunanya setara dengan kemampuan dia memanipulasi kekatan logia. Contohnya ketika : Ace dapat mengalahkan Luffy ketika kecil padahal kekuatan Luffy itu setara dengan 10 orang biasa ketika mendapatkan buah Mera Mera no Mi kekuatan apinya masih bisa dikatakan diatas Luffy. Contoh lain adalah pada Kurohige atau Marshall D. Teach ia tidak bisa imbang bahkan mengalah Ace jika kekuatan fisiknya tidak setara dengan Ace. Teach ini dapat masuk ke dalam kru bajak laut Shirohige menandakan ia memiliki kekuatan rata-rata kru bajak laut ini. Teach bisa kalah kalau kekuatan fisiknya jauh dibawah Ace tetapi jika hampir seimbang terimakasih kepada Yami Yami no Mi yang karakteristiknya menelan apapun. Jika kemampun fisik Teach rendah ia tidak akan mampu memanipulasi buah Yami Yami sampai menelan satu kota.




SIKLUS BUAH IBLIS
Belakangan diketahui siklus Buah Iblis, jika penggunanya meninggal maka buah itu akan tumbuh dari dalam buah-buah normal yang kemudian menjadi buah iblis. Buah iblis ini dapat dibedakan dengan mudah karena bentuknya yang penuh lekuk-lekuk dan bergelombang.

PENAMAAN BUAH IBLIS
Buah iblis umumnya memiliki 2 kata sama yang menyebut sifat buah tersebut bisa juga pula suara dari sifat yang dikeluarkan buah iblis.

Misalnya : Sifat

  • Gomu - Gomu no Mi (secara harfiah : Buah karet-karet)
  • Bomu - Bomu no Mi (secara harfiah : Buah Bom-Bom)


Ada juga buah iblis yang dinamakan sesuai dengan suara, efek suara yang ditimbulkan atau bisa disebut dengan istilah "onomatopoeia" seperti

  • Gura - Gura no Mi ("Gura gura" adalah suara yang ditimbulkan ketika gempa)
  • Pika - Pika no Mi ("pika-pika" adalah suara untuk menandakan benda tersebut mengeluarkan cahaya atau berkilau; sebagai contoh, pikachu dari kata "pika" dan "chu", pika itu suara bersinar dan chu itu suara yang dikeluarkan oleh tikus)




DAFTAR PEMILIK BUAH IBLIS

---TIPE PARAMECIA--

Monkey D. Luffy - Gomu Gomu no Mi - Buah Karet
Buggy - Bara Bara no Mi
Alvida - Sube Sube no Mi
Miss Valentine - Kilo no Mi
Mr. 5 - Bomu Bomu no mi
Nico Robin - Hana Hana no Mi
Mr.3 - Doru Doru no Mi
Wapol - Baku Baku no Mi
Betham/Mr.2 - Mane Mane no Mi
Paula/Miss Doublefinger - Toge Toge no mi
Mr. 1 - Supa Supa no Mi
Hina - Ori Ori no Mi
Bellamy - Bane Bane no Mi
Foxy - Noro Noro no Mi
Blueno - Doa Doa no Mi
Kalifa - Awa Awa no Mi
Very Good - Beri Beri no Mi
Shu - Sabi Sabi no Mi
Sharinguru - Shari Shari no Mi
Brook - Yomi Yomi no Mi
Gekko Moriah - Kage Kage no Mi
Perona - Horo Horo no Mi
Absalom - Suke Suke no Mi
Bartholomew Kuma - Nikyu Nikyu no Mi
Boa Hancock - Mero Mero no Mi
Magellan - Doku Doku no Mi
Emporio Ivankov - Horu Horu no Mi
Inazuma - Choki Choki no Mi
Shirohige - Gura Gura no Mi (Marshall D. Teach)
Shiki - Fuwa Fuwa no Mi
Tsuru - Woshu Woshu no Mi
Vander Decken IX - Mato Mato no Mi
Trafalgar Law - Ope Ope no Mi


--Zoan--

+Seri Hito-Hito no Mi
Tony Tony Chopper - Hito Hito no Mi
Sengoku - Hito Hito no MI, Model : Daibutsu (Buddha)

+Seri Inu Inu no Mi (Anjing)
Chaka - Model Jackal
Lassoo - Model Dachshund
Jabra - Model Wolf

+Seri Ushi Ushi no Mi (Sapi)
Dalton - Model Bison
Kaku - Model Kirin / Jerapah

+Seri Neko Neko no Mi (Kucing)
Rob Lucci - Model Leopard

+Seri Tori Tori no Mi (Burung)
Pell - Model Falcon/Elang

+Seri tersendiri
Miss Merry Christmas - Mogu Mogu no Mi (Tikus Tanah)
Pierre - Uma Uma no Mi (Kuda)
Funkfreed - Zou Zou no Mi (Gajah)


--LOGIA--

Smoker - Moku Moku no Mi
Portgas D. Ace - Mera Mera no Mi
Crocodile - Suna Suna no Mi
Enel - Goro Goro no Mi
Kuzan/Aokiji - Hie Hie no Mi
Marshall D. Teach/Kurohige - Yami Yami no Mi
Borsalino/Kizaru - Pika Pika no Mi
Sakazuki/Akainu - Magu Magu no Mi
Caribou - Numa Numa no Mi
Caesar Clown - Gasu Gasu no Mi

4 comments:

  1. Klo niko robin termasuk tipe buah iblis apa min..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nico Robin itu pengguna buah iblis Hana Hana no mi (Hana artinya bunga) buah tipe paramecia. Robin bisa meregenarasi tubuhnya seperti bunga seperti menumbuhkan lengan atau kaki atau bahkan membuat kloning diri sendiri, kelemahannya jika bagian tubuh yg dihasilkan buah iblisnya terluka dia juga merasakan juga sakitnya. :D

      Delete
  2. nah kl trafalgar law bagaimana? atau boa hancock? atau si foxy juga masuk tipe min?!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah saya update, mereka semua masuk di paramecia, karena mereka tidak dapat mengubah bentuk tubuh mereka seperti Zoan atau menjadi Element seperti Logia

      Delete